Senin, 09 Januari 2012

Feature Anti virus Handphone


Perkembangan smartphone Android yang kian pesat, menjadi peluang para Hacker untuk menanamkan program jahat dengan maksud dan tujuan tertentu. Walhasil, kerugian yang didapat tidak hanya sebatas kerusakan ponsel saja, bahkan data pribadi pun bisa menjadi sasaran empuk untuk dicuri.

Jenis virus yang telah dirancang untuk menyerang smartphone berbasis Android kini terus meningkat pesat. Juniper Global Network, salah satu perusahaan yang bergerak dibisnis jaringan dan pengawasan virus, telah mencatat peningkatan virus pada Android telah meningkat sebesar 400 persen. Empat kali lipat lebih besar dari bulan Juli tahun 2011 lalu, peningkatan yang signifikan ini mungkin disebabkan karena OS tersebut bersifat terbuka.

Metode infeksi virus juga semakin beragam, beberapa diantaranya menyusup melalui aplikasi bahkan ada yang masuk melalui custom ROM. Beberapa virus yang tercatat saat ini ada sebanyak 55% bersifat spyware, dan 44% bersifat SMS Trojan.

Spyware menyusup ke dalam smartphone tanpa sepengetahuan pemilik itu sendiri. Seperti namanya, “Spy” bekerja dengan metode memata-matai aktifitas smartphone, virus ini kemudian akan mencuri beberapa informasi untuk dikirim ke server utama. Sedangkan virus SMS Trojan secara otomatis akan mengirim dan berlangganan konten premium dengan sendirinya.

Well, berbicara mengenai virus seperti berbicara penyakit yang hinggap di diri Manusia itu sendiri. harus paham mengenai pengobatannya. Apakah mungkin jika penyakit yang dikeluhkan adalah sakit mata, namun obat yang diberikan adalah obat pusing kepala. Sungguh itu adalah sebuah kekeliruan.

Namun tak mungkin juga menginstal banyak program anti virus dalam satu perangkat device secara bersamaan. Ada baiknya cermat terhadap fitur dan kemampuan yang ditawarkan anti virus tersebut, meski jarang ada yang gratis untuk mendapatkannya. Namun percayalah,, Anda takkan menyesal telah mengeluarkan sejumlah uang untuk keamanan, dan itu bukanlah sebuah ke sia-siaan.

Beberapa developer anti virus yang saat ini ada, memberikan beberapa fitur pelengkap sebagai tambahan. So, kini anti virus dari pengembang bukan lagi sebagai pengusir program jahat saja. beberapa fitur terbarunya adalah :

Storage Cloud

Beberapa vendor antivirus memberikan akses kepada pengguna untuk menyimpan file kedalam storage yang tersimpan. File yang tersimpan secara “cloud” bergantung dari besaran kuota yang diberikan, ada baiknya cermat terhadapa fitur ini karena hanya pengguna dan pemilik cloud yang mengetahui tentang kerahasiaan data.

Find Phone

Smartphone yang berkembang sekarang telah ditanamkan fitur seperti GPS. Melalui ketersambungan tersebut vendor anti virus memberikan kemudahan menemukan kembali ponselnya yang hilang. Dengan catatan, perangkat itu harus tetap tersambung kekonektivitas data.

Remote

Developer anti virus sekarang ini telah mengembangkan fitur yang mampu melakukan control jarak jauh ke smartphone atau tablet mereka. Dengan fungsi ini memungkinkan perangkat ini berada sepenuhnya dalam control pengguna. Setidaknya, meminimailsir masuknya konten jahat yang dibuka oleh pengguna lain.

Auto Warning

Beberapa developer telah mengembangkan system baru ini, bukan hanya memeberitahu saat perangkat dimasuki program jahat. Melalui identifikasi terlebih dahulu saat perangkat mendapatkan program baru, maka kemungkinan besar system langsung memberitahu pengguna. Sistem akan memberitahukan langkah selajutnya apakah system akan dimatikan langsung atau direstart otomatis.

WebRep

Beberapa website kemungkinan besar adalah telah disusupi program jahat. Saat membukanya sudah barang tentu akan langsug menyusup kesistem. Dengan fitur ini, pengguna akan diberitahukan dahulu apakah yakin akan meneruskan membuka website ini. jika Ya, maka web akan langsung terbuka. Namun jika pilihan pengguna No, maka system akan langsung menutup portal tersebut.

Internet Protection

Fitur lama namun telah diperbaiki sebelumnya ini, merupakan fitur andalan untuk mefilter beberapa konten web yang tidak diijinkan untuk dibuka. Perlindungan yang diberikan seperti yang ada pada PC, memblokade web tertentu yang mencuriakan.

Sebagian pengguna smartphone memang ada yang bersikap tidak peduli terhadap perangkat mereka. Namun ketika kejadian yang tidak diharapkan datang, maka hanya penyesalan yang ada. Oleh karena itu, smartphone saat ini bukan hanya sebagai alat komunikasi semata. Sering kali pengguna memanfaatkannya untuk menyimpan data pribadi. Dan ini menjadi salah satu alasan penting yang harus diperhatian pengguna, tentang keamanan data.

Salah satu antisipasi yang paling menguntungkan adalah, menginstall anti virus itu sendiri. Karena selain menjaga system smartphone tetap berjalan baik. Dengan fitur bawaan anti virus itu sendiri, pengguna mendapat 2 keuntungan. Sistem yang terjaga dan Pengontrolan perangkat secara penuh. Namun tetap harus waspada mengenai tawaran tersebut. Langkah baik untuk mengetahuinya adalah dengan mencoba versi trial. Tetap bersikap waspada terhadap beberapa program gratis yang tersedia di web store market, besar kemungkinan program gratis itu telah di susupi oleh program jahat.

Beberapa anti virus yang dapat direkomendasikan :

1. Trend Micro Titanium 2012

2. F-Secure

3. Kaspersky

4. Avira

5. Bit Defender

6. Norton Anti Virs

7. MC. Afee

8. Netqin

9. Simwork

10. ZeonMobile

11. Commander

12. Eset

13. BullGuard

14. AirScanner

15. AVg Beta

0 komentar: