Selasa, 09 Oktober 2012

AMD Hadirkan Prosesor Pesaing Ivy Bridge Murah



Jakarta – Perusahaan chipset Advanced Micro Devices (AMD) yang baru mengeluarkan generasi baru prosesornya dari generasi Trinity, mengklaim bahwa kinerja prosesornya dapat meningkat hingga kecepatan 4.2GHz. Bahkan bisa meningkat drastis dengan cara overclock hingga mencapai 6.5GHz.
Dua prosesor AMD dari jenis quad-core untuk desktop PC  yang baru sepekan ini dikeluarkannya, diklaim mampu meningkatkan kinerja jauh lebih baik dari produk yang dikeluarkan rivalnya Intel pada prosesor Ivy Bridge.

 AMD 10-5800K dan A8-5600K merupakan dua generasi prosesor yang diklaim AMD dapat meningkatkan kinerja dengan kecepatan hingga 6.5GHz, pada saat overclock dengan penambahan nitrogen cair.
“Dua chip baru ini, memungkinkan bagi para pengguna untuk membangun desktop PC murah dengan fitur overclocking dan upgrade yang hanya dibanderol dengan kisaran harga USD 150,” ujar Adam Kozak, Product Manager AMD, yang telsetNews kutip dari techpowerup, Senin (08/10).

Menurutnya, harga dan performa yang diberikan oleh AMD, jauh bila dipadankan oleh produk Intel. Dimana Intel menawarkan harga lebih tinggi yaitu USD 220 untuk prosesor Core i5-2500K. “Dengan harga USD 150, pengguna sudah bisa mendapatkan performa prosesor AMD Trinity A10-5800K dengan kecepatan awal 3.8GHz yang mampu meningkat secara dramatis hingga 4.2GHz, melalui fitur Turbo Core,” jelasnya.

Diterangkannya, bahwa AMD A10-5800K yang memiliki cache memori sebesar 4MB, menghabiskan daya dengan konsumsi sebesar 100 watt pada kecepatan maksimum prosesor 4.2GHz, dan saat penggunaan grafis meningkat dikecepatan GPU 800MHz. Sedangkan untuk A8-5600 memiliki kecepatan 3.9GHz dengan maksimum penggunaan grafis mencapai 760MHz.
Kedua prosesor yang menggunakan arsitektur mikro Piledriver ini, dikatakannya juga, hadir  juga dalam prosesor laptop terbaru yang dirilis oleh AMD pada pertengahan tahun 2012 dengan kode nama Trinity.

 Benchmark internal AMD sendiri, menyatakan bahwa chip baru tersebut memiliki 25 hingga 37 persen keseluruhan kinerja sistem yang lebih cepat daripada dari seri terdahulunya yang bernama Llano, yang dirilis tahun lalu.

0 komentar: