Jumat, 12 Oktober 2012

Data Center Yang Baik, Pengaruhi Kelancaran Sistem Cloud Perusahaan



Jakarta – Cloud sebenarnya adalah sebuah simbol abtraksi yang disajikan untuk menggambarkan sistem koneksi komputerisasi yang berada jauh diawan. Sederhananya, Cloud merupakan infrastruktur komputerisasi yang tersimpan dalam sebuah jaringan satu lokasi dilokasi lain, karena keberadaan layanan jarak jauh ini maka disimbolkan dengan kata Cloud ataupun awan.

Sistem cloud yang mulai ramai dibincangkan saat ini, sebenarnya adalah sebuah sistem yang sudah lama dipakai dalam kehidupan manusia sendiri. Ketika pengguna sudah terhubung dengan Internet, maka secara tidak langsung pengguna tersebut sudah bersentuhan dengan sistem cloud.

Ada beberapa hal yang membuat Cloud ini berjalan, salah satu hal pendukung itu adalah data center yang merupakan basis induk komputer untuk penyimpanan data. Kedua adalah, koneksi jaringan Internet, melalui koneksi jaringan ini para pengguna dapat mengakses data komputer yang berada pada data center tersebut.

Data center yang menjadi nilai penting dalam sebuah sistem cloud, adalah hal yang paling penting untuk diperhatikan. Salah satu penentuan pemilihan data center yang tepat, dapat memaksimalkan sebuah sistem cloud yang sedang berjalan.

Pemilihan data center yang baik merupakan faktor penilai pentingnya sebuah perkembangan data, terutama dikalangan pebisnis. Oleh karena itu, faktor data center yang baik harus mampu memiliki fasilitas catu daya redundan atau cadangan, koneksi komunikasi data redundan, pengontrol lingkungan (mis. AC, ventilasi), pencegah bahaya kebakaran, serta piranti keamanan fisik.

Sedangkan untuk koneksi, tentunya adalah kecepatan akses dan ketersediaan kuota dan bandwith menjadi nilai kruasial sistem cloud untuk berjalan optimal. Jika faktor diatas sudah terpenuhi, maka beberapa kendala yang mengancam perkembangan dan kelancaran sistem cloud computing bisa terhindari. 

0 komentar: