Selasa, 21 Februari 2012

Tips & Trik Kenali Tipuan Email Palsu

Bahkan template spam semacam ini berisikan hal yang sama. Pengguna diberitahu bahwa mereka memenangkan uang dalam jumlah besar dalam suatu undian, dan untuk menerima hadiahnya mereka harus membayar sejumlah uang.

Meskipun email yang masuk menyatakan Anda pemenangnya, hal ini nyatanya tidak lebih dari sebuah jaringan penipuan semata.

Maria Rubinstein, Analis Spam Kaspersky Lab, akan menjelaskan, mengenai penipuan yang sering dilakukan melalui email dan juga akan memberikan tips bagaimana membedakan pesan undian penipuan dan pemberitahuan asli.

Kenali identitas penipu seperti ini :

- Jika Anda tidak pernah mengikuti undian, tak mungkin bisa memenangkan hadiah. Percayalah, itu adalah sebuah pemberitahuan palsu.

- Nama yang tidak disebutkan. Jika itu adalah undian yang benar dilakukan, maka penerima dalam undian akan dicantumkan dalam email atau bahkan sekedar no identitas pemenang (voucher atau tiket).

- Pemberitahuan dikirim melalui server umum, seperti gmail.com, hotmail.com atau yahoo.com

- Tata bahasa yang tidak formal. Pesan yang dikirim dengan tata bahasa seperti ini biasanya berasal dari mesin penerjemah

- Penerima akan diminta untuk membalas email ke alamat yang berbeda dari pengirim.

Namun ketika Anda masih penasaran dengan hal itu, Maria Rubinstein juga memberikan tips untuk memastikan tentang keaslian email itu.

Untuk memastikan keaslian pemberitahuan yang diterima, gunakan mesin pencari untuk memeriksa informasi pada email yang diterima seperti, undian dan nama pengirim serta nomor telepon yang ada. Informasi yang lengkap akan muncul atas pencarian yang dilakukan.

“Menurut statistik Kaspersky Lab, 3% dari seluruh spam yang ada adalah pemberitahuan undian palsu, ini berarti ribuan email setiap bulan. Agar terhindar dari penipuan ini, Anda hanya perlumengikuti langkah mudah seperti di atas. Dan yang lebih penting lagi, ingatlah: tidak ada yang namanya makan siang gratis!” ujar Maria Rubinstein menutup penjelasannya.

0 komentar: