Rabu, 10 Oktober 2012

JEDEC Kenalkan Generasi Memori Baru, DDR4


Jakarta – Joint Electron Device Engineering Council (JEDEC) organisasi sekaligus sebagai badan yang menetapkan standarisasi modul memori, mengenalkan generasi memori komputer selanjutnya, DDR4 yang menjanjikan kecepatan dan performa dua kali lipat dari seri sebelumnya.

Double Data Rate 4 (DDR4) merupakan seri memori yang telah dikembangkan setelah DDR, DDR2, dan DDR3 yang telah ditingkat dengan penetapan standar baru dari JEDEC. Standar ini meliputi tentang kinerja terbaik, dan peningkatan kehandalan yang juga ditetapkan oleh produsen modul diseluruh dunia.

“Standar baru yang ditetapkan, akan memungkinkan bagi memori generasi baru ini memberikan kinerja terbaik, dan peningkatan yang signifikan terhadap kehandalan pemrosessan kerja, dan sekaligus mampu mengkonsumsi energi yang lebih rendah,” ujar Joe Macri, Ketua JC-42.3 Sub-komite JEDEC DRAM Memories, yang wahyucouple, kutip dari Theregister, Kamis (27/09).

Memori generasi baru DDR4 sendiri akan hadir dalam beberapa varian kapasitas, baik itu 2GB hingga 16GB dengan modul X4, X8 dan X16. Generasi baru ini juga, diklaim memiliki kecepatan transfer data hingga 3.2Gbps dengan konsumsi energi yang lebih kecil dari DDR3.
Diprediksikan bahwa Samsung dan beberapa vendor lainnya telah memproduksi beberapa tes modul DDR4 ini, namun spesifikasi jelasnya baru akan dipublikasikan setelah rampung dalam test final. Tetapi para analis iSuppli mengatakan bahwa memori DDR4 ini, tidak akan beredar dipasara hingga tahun 2014 mendatang.

“Publikasi dari standar DDR4 adalah tonggak besar menuju peluncuran generasi berikutnya dari DRAM. Perbaikan kinerja dan konsumsi daya membuat DDR4, bisa menjadi salah satu solusi memori untuk kalangan enterprise serta produk konsumen,” jelas Robert Feurle, Vice President Micron’s DRAM marketing.

0 komentar: